Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Kolesterol pada dasarnya memang diperlukan oleh tubuh untuk membantung jaringan sel tubuh. Namun jika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi batas normal dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh. Kolesterol tinggi diketahui memiliki pengaruh besar terhadap penyakit berbahaya seperti masalah jantung (serangan jantung, gagal jantung, dll), stroke, aterosklerosis, dan berbagai masalah lainnya.

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, ada kecenderungan Anda akan mengalami asam urat. Hal ini karena terjadinya penumpukan zat asam urat pada darah yang menyebabkan gangguan pada fungsi sendi. otot, tulang, serta jaringan ikat.

Mengetahui berbahayanya penyakit ini, maka penting untuk menjaga agar kolesterol tetap ada dalam kadar normal. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengontrol asupan makanan, karena faktor penyebab kolesterol tinggi ini disebabkan oleh asupan makan yang tidak baik.

Nah bagi Anda penderita kolesterol tinggi atau yang ingin mencegah kolesterol tinggi, ada beberapa makanan yang harus Anda kurangi atau Anda hindari.

Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi


Pola hidup sehat menjadi kunci kesehatan yang optimal. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal, maka menjalankan pola hidup sehat adalah cara terbaik. Anda bisa memulainya dengan mengindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

1. Jeroan

Untuk menghindar tingginya kadar kolesterol, mulai sekarang Anda harus mengurangi atau bahkan mengindari mengkonsumsi jeroan seperti hati, rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, usus dan lain sebagainya. Hal ini karena jeroan tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi dan dapat menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat. Jeroan juga tidak dianjurkan untuk penderita asam urat, karena dapat memperburuk keadaan. Purin adalah senyawa kimia yang terdapat didalam beberapa makanan seperti jeroan. Jika di pecah, purin akan berubah menjadi asam urat. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, maka kadar kolesterol dan asam urat akan semakin meningkat.

2. Seafood (makanan laut)

Jika Anda pecinta seafood atau makanan laut, dan ingin mengurangi kadar kolesterol dan asam urat, maka kurangi atau hentikan mengkonsumsi seafood sekarang juga. Seafood juga mengandung purin yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kolesterol dan asam urat. Beberapa makanan laut yang dapat menjadi pantangan untuk Anda diantaranya ikan teri, sarden, tuna, dan kerang. Anda juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lobster, ini karena lobster memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Dialam 85 gram lobster saja sudah terkandung sekitar 61 mg kolesterol. Belum lagi jika proses pengolahan lobster yang dapat meningkatkan kolesterol didalamnya seperti di goreng.

3. Daging, terutama daging merah

Zat purin yang tinggi juga terdapat didalam daging, terutama daging merah. Tidak hanya purin, daging merah juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga Anda harus benar-benar mengurangi atau menghindarinya. Jika Anda ingin mengkonsumsi daging merah, Anda harus membuang lemak yang menempel pada daging tersebut. Meski begitu Anda juga masih tetap bisa mengkonsumsi daging, namun cukup daging putih saja seperti daging ayam atau kalkun. Namun, Anda juga harus tetap memperhatikan cara pengolahannya. Buanglah kulitnya sebelum dimasak dan jangan memasaknya dengan cara di goreng.

4. Alkohol

Alkohol sangat tidak bersahabat dengan kolesterol dan asam urat, oleh sebab itu hentikanlah saat ini juga. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, terutama bir dapat meningkatkan asam urat sehingga dapat memperburuk keadaan Anda. Minuman beralkohol juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Oleh sebab itu, alkohol sangat tidak baik untuk penderita kolesterol dan asam urat.

Selain mengindari makanan dan minuman tersebut, Anda juga harus rutin berolahraga agar kesehatan tubuh lebih optimal dan Anda selalu bugar. Tidak perlu lama-lama, cukup luangkan waktu 30 menit saja untuk berolahraga setiap harinya.

Demikian informasi mengenai Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih.
Baca juga:
Planet Herbal | Pantangan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!
EmoticonEmoticon