3 Herbal Yang Ampuh Atasi Luka Lambung

3 Herbal Yang Ampuh Atasi Luka Lambung

Sebuah ulkus lambung, atau ulkus peptikum, adalah luka pada lapisan lambung. Salah satu penyebab umum dari masalah ini adalah bakteri H. pylori, yang dapat diobati dengan obat anti-inflamasi.

Penyebab dari gangguan lambung ini diantaranya, merokok, penyalahgunaan alkohol dan pola makan yang buruk. Gejala umum dari luka lambung yaitu sering merasa lapar, dan rasa sakit dan terbakar di bawah tulang dada. Luka lambung dapat berakibat fatal jika tidak segera diatasi. Sebelum pergi ke dokter, beberapa herbal ini dapat membantu Anda mengatasi masalah luka lambung yang sedang Anda alami.

3 Herbal Yang Ampuh Atasi Luka Lambung

1. Ginseng

Ginseng memiliki sifat antimikroba yaitu kandungan yang berfungsi untuk mengatasi infeksi. Para peneliti di Ajou University School of Medicine di Korea menguji ginseng merah. Ginseng tersebut ternyata dapat melawan sel lambung yang terinfeksi dengan kerusakan DNA yang disebabkan oleh H. pylori

Peneliti S. Park dan rekannya mengamati bahwa ekstrak ginseng merah dapat menghambat pertumbuhan H. pylori dan melindungi lambung dari kerusakan sel yang disebabkan oleh bakteri tersebut. Hasil penelitian, yang diterbitkan pada bulan Juli 2005 dalam buku yang berjudul "Digestive Diseases and Sciences," menyatakan bahwa rempah bisa menjadi obat alami untuk mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh infeksi. Kecambah brokoli, bawang putih dan cranberry adalah tanaman lainnya yang terkenal untuk melawan bakteri H. pylori.

2. Licorice

Licorice mengandung asam glycyrrhizinic, zat yang bertanggung jawab untuk tekanan darah dan banyak digunakan sebagai obat. University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa DGL licorice dapat melindungi lambung terhadap kerusakan dari obat anti-inflamasi nonsteroid seperti aspirin dan ibuprofen.

Licorice dapat dikombinasikan dengan herbal lain, seperti Bupleurum dan agelica, untuk mengobati luka lambung. Ahli gizi Phyllis Balch, penulis buku "Prescription for Nutritional Healing," menyatakan bahwa mengambil DGL licorice antara makanan mungkin sama efektifnya dengan obat simetidin atau ranitidin untuk pengobatan tukak lambung.

3. Aloe Vera (lidah buaya)

Jus dari tanaman lidah buaya membantu dalam menghilangkan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Teh yang terbuat dari akar marshmallow, getah/gel dari kulit pohon elm  atau biji rami juga dapat menenangkan mucusa lambung yang teriritasi. jus rhubarb adalah obat tradisional untuk perdarahan yang disebabkan oleh tukak lambung.

Jika Anda mendadak mengalami sakit perut, muntah darah atau tampak seperti bubuk kopi, dan berdarah hitam, ini adalah tanda-tanda komplikasi serius yang memerlukan perhatian medis sesegera mungkin.

Demikian informasi mengenai 3 Herbal Yang Ampuh Atasi Luka Lambung yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda. Salam sehat selalu.

Baca juga:

Planet Herbal | 3 Herbal Yang Ampuh Atasi Luka Lambung

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!
EmoticonEmoticon