Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

"Tidak peduli seberapa kecil atau dangkal luka, Anda tidak boleh mengabaikannya jika Anda memiliki diabetes," kata Daniel Cohen, DPM, ahli penyakit kaki dengan Medis Associates dari Brevard di Brevard County, Florida. Jika Anda mendapatkan luka kecil akibat memakai sepatu terlalu ketat atau mengalami goresan ketika mencukur janggut Anda bisa membiarkannya atau memberikan pengobatan senderhana. Tapi jika Anda memiliki diabetes, Anda harus mencari pengobatan yang tepat.

Mengetahui bagaimana cara mengobati luka ringan akan membantu Anda menghindari infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Diabetes adalah penyakit kronis di mana tubuh tidak dapat menggunakan glukosa, atau gula, dengan cara yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, termasuk beberapa yang membuat lebih sulit bagi luka untuk sembuh. Hal ini termasuk:
  • Kerusakan saraf (neuropati). Bila Anda memiliki neuropati, Anda mungkin tidak merasakan sakitnya luka atau blister hingga kemudian luka tersebut bertambah lebih buruk atau menjadi terinfeksi.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ketika daya tahan tubuh menurun, bahkan luka kecil dapat terinfeksi.
  • Sempit arteri . Orang-orang dengan penyumbatan arteri di kaki mereka lebih mungkin untuk meningkatkan keparahan luka, memiliki infeksi luka parah, dan memiliki masalah penyembuhan. Arteri menyempit membuat darah lebih sulit sampai ke daerah luka. Darah yang mengalir dengan normal akan mempercepat penyembuhan, sehingga apa pun yang menghalangi hal itu bisa menyebabkan luka menjadi infeksi.
Mengingat bahaya tersebut, tentunya kita harus lebih waspada. Diabetes harus segera diatasi untuk mencegah masalah yang lebih serius dari sebelumnya.

Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes


Jika Anda mengalami luka, tidak peduli seberapa kecil luka yang dialami, Anda harus mengambil langkah-langkah berikut untuk menghindari infeksi dan mempercepat penyembuhan:
  • Lindungi luka dengan segera - Luka kecil dapat terinfeksi jika bakteri masuk dan tumbuh pada luka.
  • Bersihkan luka. Bilas luka dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran. Jangan gunakan sabun, hidrogen peroksida, ataupun yodium karena dapat mengiritasi cedera. Lalu oleskan salep antibiotik untuk mencegah infeksi, dan menutupi luka dengan perban steril. Ganti balutan setiap hari, dan gunakan sabun untuk membersihkan kulit di sekitar luka. Periksa luka Anda setiap hari untuk melihat apakan ada tanda-tanda infeksi.
  • Temui dokter. Jangan mengambil risiko - Jika Anda melihat ada tidak wajar pada luka Anda, segeralah pergi ke dokter. Semakin cepat Anda bertindak akan semakin baik.
  • Hindarkan luka dari gesekan atau tekanan - Gesekan atau tekanan pada luka akan membuat luka bertambah dan semakin lama untuk sembuh.
Kaki dan pergelangan kaki sangat rentan terhadap luka diabetes, menurut Cohen. "Penyembuhan luka di bawah lutut merupakan dinamika yang berbeda dibandingkan dengan bagian lain dari tubuh," katanya. "Daerah ini rawan pembengkakan, yang dapat menghambat penyembuhan."

Sebuah luka yang parah dapat menyebabkan banyak kerusakan pada jaringan dan tulang yang pada akhirnya amputasi bisa menjadi satu-satunya pilihan untuk mengatasinya. Itulah mengapa begitu penting untuk merawat luka sebelum menjadi masalah yang serius.

Cara Mencegah Luka Diabetes

Cara terbaik untuk menghindari masalah luka adalah untuk mencegah luka di tempat pertama:
  • Periksa kaki Anda setiap hari. Carilah lecet, kapalan, gesekan, atau kemerahan pada kaki. "Ini merupakan hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menghindari diabetes pada kaki ," kata Cohen.
  • Perhatikan kulit Anda. Periksa masalah kulit dari yang terkecil seperti infeksi folikel rambut atau daerah yang meradang di sekitar kuku. Jika Anda melihat masalah, segera laporkan pada dokter Anda.
  • Lembabkan kaki Anda. Gunakan pelembab untuk menjaga kulit pada kaki Anda tetap lembut dan lentur. Tapi jangan menggunakan lotion diantara jari-jari kaki Anda karena ini dapat menyebabkan infeksi jamur.
  • Memakai sepatu yang tepat. Memakai sepatu yang pas dapat membantu Anda menghindari lecet.
  • Periksa sepatu Anda setiap hari. Pastikan sepatu Anda selalu bersih dan bebas dari kotoran atau benda lain di dalamnya. Jika Anda memiliki luka diabetes, hal itu akan memperburuk keadaan.
  • Pilih kaus kaki yang tepat. Hindari kaus kaki dengan jahitan. Jika ada, beli kaus kaki yang dibuat khusus untuk orang-orang dengan diabetes.
  • Cuci kaki Anda setiap hari. Setelah dicuci, keringkan kaki dengan hati-hati, termasuk di antara jari kaki.
  • Periksa kuku Anda. Kuku yang tumbuh ke dalam kaki dapat menyebabkan masalah.
  • Pantau diabetes Anda. Mencegah luka yang serius juga berarti menjaga diabetes untuk tetap terkontrol. Ini termasuk pemantauan gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol; makan sehat; gunakan obat yang diresepkan dokter; berolahraga secara teratur; tidak merokok; dan memiliki pemeriksaan medis yang teratur.
Snyder menekankan pentingnya untuk tetao konsisten dalam perawatan pencegahan bagi penderita diabetes. "Jika Anda memiliki diabetes, Anda harus memiliki tim spesialis untuk pemeriksaan kesehatan yang rutin, termasuk ahli penyakit kaki dan dokter mata, serta dokter perawatan primer Anda," katanya.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dan dapat menjadi obat luka diabetes agar cepat kering bagi Anda.

Planet Herbal | Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!
EmoticonEmoticon