Sabtu, 18 Maret 2017

Tanaman Obat Herbal Untuk Gout Atau Asam Urat

Posted By: Kang Aceng - 10.23
Tanaman Obat Herbal Untuk Gout Atau Asam Urat

Obat herbal untuk pengobatan asam urat dikelompokan menjadi dua yaitu pengobatan untuk mengatasi penyebabnya dan sebagai obat herbal yang fokus untuk mengurangi asam urat dengan membantu pemecahan deposito kristal di dalam tubuh.

Jamu yang digunakan untuk mengobati asam urat juga harus bisa meningkatkan fungsi hati dan ginjal dan bertindak sebagai anti-inflamasi serta membantu mengurangi kambuhnya gout.

Menggabungkan antara diet dengan obat herbal dan nutrisi serta dengan mengurangi makanan yang dapat memperburuk gout adalah salah satu cara yang masuk akal untuk mengobati kondisi ini.

Alkohol, daging, organ, kopi, makanan yang digoreng, dan sayuran tertentu serta kacang-kacangan termasuk rhubarb, bit perak, lentil, kacang-kacangan, asparagus, makanan manis dan permentasi ragi, semua dapat berkontribusi atas terbentuknya gout.

Kebanyakan perawatan gout alami biasanya fokus pada diet rendah  purin yang meliputi vitamin B, E dan A dan kalium.

Tanaman Obat Herbal Untuk Gout Atau Asam Urat


1. Devil’s Claw (Harpagophytum procumbens)

Tanaman ini dikenal sebagai obat herbal untuk rheumatoid arthritis. Namun, tanaman ini juga memiliki reputasi sebagai salah satu ramuan yang baik untuk pengobatan asam urat karena bekerja sebagai analgesik, anti-inflamasi dan diuretik ringan.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa Devil’s Claw atau cakar setan dapat membantu mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Ramuan dari tanaman ini merangsang sistem pencernaan dan ketika protein tidak lengkap, ia berperan dalam pembentukan asam urat yang menyebabkan gout. Dalam kondisi ini obat herbal Devil’s Claw bisa sangat bermanfaat.

2. Biji Seledri (Apium graveolins)

Biji seledri telah digunakan secara tradisional untuk membersihkan metabolit asam melalui ginjal, dan sumber-sumber tradisional merekomendasikan penggunaannya untuk rematik, arthritis dan gout. Tanaman ini juga telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi terhadap peradangan kronis selama terbuka, meurut hasil percobaan pra-klinis Australia dengan durasi 12 minggu. Orang yang rentan terhadap asam urat dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan mereka dengan menggunakan biji seledri sebagai tindakan pencegahan.

3. Kunyit  (Curcuma longa)

Kunyit adalah anggota tanaman dari keluarga jahe dan memiliki warna kuning khas dan sering digunakan sebagai bumbu serta pewarna alami. Curcumin, ditemukan pada kunyit, kadungan ini yang memberikan kunyit memiliki warna terang, dan diketahui bahwa kandungan ini juga dianggap sebagai agen anti-inflamasi dan dapat menghilangkan rasa sakit yang kuat.

Kunyit telah ditemukan dapat mencegah pembentukan prostaglandin yang menyebabkan sakit dalam tubuh. Cara kerjanya hampir sama seperti aspirin dan ibuprofen, hanya saja kunyit lebih lemah efeknya.

Ketika kunyit digunakan pada dosis tinggi maka dapat memicu pelepasan kortisol dalam tubuh, yang secara langsung dapat menghambat proses inflamasi seperti yang hadir dalam sendi. Dalam dua studi kunyit telah terbukti memiliki khasiat yang serupa dengan kortison ketika digunakan pada dosis dari 6-12 gram saat diuji.

Kunyit dianggap sangat efektif bila dikombinasikan dengan Boswellia.

4. Boswellia (Boswellia serrata)

Boswellia juga dikenal sebagai kemenyan India, memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik. Konstituen aktif, asam boswellic, mengurangi pembentukan inflamasi leukotrien, yang merupakan karakteristik gout. Peningkatan gejala rheumatoid arthritis (RA) diamati dalam uji coba terbuka untuk kedua asam boswellic dan Boswellia. Boswellia bekerja dengan baik dalam kombinasi dengan herbal lain untuk gout seperti biji seledri, kunyit dan jahe.

5. Cherry (Prunus sp.) - Banyak spesies yang berbeda.

Tidak ada bukti ilmiah yang jelas bahwa ceri dapat dihitung sebagai salah satu tanaman obat yang berguna sebagai pengobatan asam urat, banyak orang mengklaim bahwa gejala gout mereka menghilang ketika mereka mengkonsumsi ceri.

Para peneliti di Michigan State University telah mengisolasi bahan dalam ceri asam (Prunus cerasus) disebut antosianin. Ceri diketahui memiliki antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Penelitian juga telah menyatakan bahwa beberapa zat telah ditemukan dalam buah ceri yang dapat menetralisir asam urat yang membuat mereka berguna sebagai obat asam urat. Ceri juga mengandung magnesium yang merupakan analgesik alami.

6. Heather (Calluna vulgaris)

Teh yang terbuat dari bunga-bunga tanaman ini telah digunakan untuk waktu yang lama sebagai obat untuk insomnia dan infeksi saluran kemih. Bunga-bunga juga diyakini mengandung zat yang mampu menghilangkan asam urat dari tubuh. Selain itu, heather memiliki kedua sifat antiseptik dan detoksifikasi. Dalam beberapa tahun terakhir, terutama di Jerman, orang sudah mulai menggunakan heather untuk meringankan rasa sakit yang terkait dengan kondisi rematik dan berhasil.

7. Meadow Saffron (Colchicum autmnale)

Ini tanaman didokumentasikan dengan baik dan sangat efisien untuk pengobatan asam urat tidak cocok untuk pengobatan sendiri karena toksisitasnya.

Tanaman ini digunakan dalam pengobatan konvensional sebagai pengobatan yang efektif untuk gout. Colchicine tidak mempengaruhi kadar asam urat, tetapi dapat menghentikan peradangan. 75% pasien mengalami perbaikan dalam waktu 12 jam setelah mengkonsumsi colchicine, tapi sayangnya 80% dari pasien tidak mentolerir dosis optimal.

Setiap penggunaan colchicine obat harus dilakukan di bawah bimbingan seorang ahli kesehatan profesional.

8. Perilla (Perilla frutescens)

Tanaman ini populer sebagai makanan dan obat-obatan herbal di banyak negara Asia, terutama Jepang dan Cina. Beberapa studi ilmiah Jepang telah menemukan bahwa ada empat zat berbeda yang hadir dalam tanaman ini dan dapat menghambat enzim xantin oksidase. Enzim ini mempromosikan pembentukan asam urat dan menghambatnya tingkat asam urat dapat tetap rendah.

9. Willow Putih (Salix alba)

Kulit pohon willow putih dikenal dalam pengobatan herbal karena kandungan salisilat yang ada didalamnya. Salisilat adalah zat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang hampir sama seperti aspirin. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa salisilat dapat meningkatkan ekskresi asam urat.

Tanaman Obat Herbal Lain Yang Dapat Digunakan Untuk Mengatasi Gout Atau Asam Urat

  1. Rosemary  -  (Rosmarinus officinalis)
  2. Menyengat Nettle  -  (urtika galeopsifolia)
  3. Thyme  -  (Thymus vulgaris)
  4. Mugwort  -  (Artemisia vulgaris)
  5. Juniper  -  (Juniperus communis)
  6. Adas  -  (Foeniculum vulgare)
  7. Dandelion  -  (Taraxacum officinale)
  8. Lovage  -  (Levisticum officinale)
  9. Mistletoe  -  (album Viscum)
  10. English Ivy  -  (Hedera helix)
  11. Tansy  -  (Tanacetum vulgare)
  12. Vervain  -  (Verbena officinalis)
  13. Eropa Ash  -  (Fraxinus semakin tinggi)
  14. Borage  -  (Borago officinalis)
  15. Artichoke  -  (Cynara scolymus)
  16. Blessed Thistle  -  (Cnicus Benedictus)
  17. Styrax benzoin  -  (Styrax benzoin)
  18. Dwarf Milkwort  -  (Polygala Amarella)
  19. Pipsissewa  -  (Chimaphila umbellata)
  20. Blackberry  -  (Rubus fruticosus)
  21. Boldo  -  (Peumus boldus)
  22. Alpukat  -  (Persea americana)
  23. Sawi putih  -  (Cichorium intybus)
Demikianlah informasi mengenai Tanaman Obat Herbal Untuk Gout Atau Asam Urat. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Planet Herbal | Tanaman Obat Herbal Untuk Gout Atau Asam Urat

About Kang Aceng

"Semua manusia yang perlu kesehatan dan penyembuhan telah disediakan oleh Allah di alam, Ilmu pengetahuan adalah untuk menemukannya.".

0 komentar:

Posting Komentar

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!

Copyright © 2015 Planet Herbal

Designed by Templatezy | Distributed By Gooyaabi Templates