Kamis, 01 Juni 2017

Penderita Diabetes, Inilah Menu Buka Puasa yang Aman untuk Anda!

Posted By: Kang Aceng - 14.27
Penderita Diabetes, Inilah Menu Buka Puasa yang Aman untuk Anda!

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup membahayakan. Apalagi jika sudah berlanjut pada luka yang sulit di obati. Luka diabetes parah dapat berakhir menyedihkan, seperti amputasi. Oleh sebab itu, penyakit ini harus benar-benar di waspadai.

Berbeda dengan orang lain pada umumnya, penderita diabetes memiliki gangguan dalam produksi dan kerja hormon insulin, sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Oleh sebab itu, penderita diabetes harus memperhatikan menu makan dengan baik. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai menu buka puasa yang aman untuk penderita diabetes.

Ada beberapa prinsip yang harus dipenuhi menu berbuka puasa yang sehat bagi penderita diabetes. Prinsip-prinsip tersebut diataranya:

  • Buka puasa dengan makanan ringan seperti buah potong

Pilihlah buah dengan indeks glisemik rendah, seperti pisang, apel, pir, dan jeruk. Jika Anda tidak ingin makan buah secara langsung, jus buah juga bisa menjadi alternatif. Namun, pastikan Anda tidak mencampurnya dengan apapun, terutama gula.

Lalu bagaimana dengan kurma?

Berbeda dengan buah lainnya, meskipun rasanya manis kurma baik untuk dikonsumsi saat berbuka oleh penderita diabetes. Ini karena kurma mengandung serat dan glisemik yang ada didalamnya sangat rendah. Tips nih bagi penderita diabetes yang mau buka puasa dengan kurma. Pilih kurma asli, INGAT harus yang asli. Kurma asli tidak diberikan gula atau pemanis tambahan sehingga aman untuk Anda. Anda juga bisa mengkombinasikan kurma dengan yogurt atau makanan lain.

  • Pilih makanan utama yang menjadi sumber karbohidrat kompleks

Untuk makanan utama saat Anda berbuka, pilihlah makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks, Karbohidrat kompleks akan membuat rasa kenyang Anda bertahan lebih lama. Makanan yang yang bisa Anda pilih yaitu gandum, biji-bijian, dan nasi merah. Kombinasikan dengan sayuran, sumber protein seperti daging, ikan, atau tahu/ tempe.  Anda juga bisa mengkonsumsi makanan ini saat sahur, supaya rasa lapar Anda saat berpuasa bisa tertunda.

Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber asam lemak sehat. Makanan ini dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan dapat diperoleh dari ikan atau alpukat.

  • Kurangi mengkonsumsi gorengan

Gorengan merupakan makanan yang tinggi kadar asam lemak jenuh dan asam lemak trans. Oleh sebab itu, penderita diabetes harus bisa membatasi mengkonsumsi makanan ini. Makanan lain yang sama-sama harus dihindari diantaranya yaitu kue-kue manis, es krim, dan makanan bersantan. 

  • Hindari roti

Roti merupakan salah satu makanan yang memiliki indeks glisemik tinggi, begitu juga dengan kentang, biskuit, dan roti putih. Oleh sebab itu makanan ini kurang dianjurkan sebagai menu buka puasa bagi penderita diabetes. Makanan ini juga tidak cocok sebagai menu sahur Anda, karena mudah diserap dan di cerna, sehingga akan memberikan efek mudah lapar.

  • Banyak minum air putih

Perbanyak minum air putih dan batasi konsumsi minuman berenergi dan yang mengandung bahan-bahan perarna yang tidak baik untuk tubuh. Hindari pula minuman berkafein seperti kopi atau teh karena dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi.

  • Hindari makan berlebihan

Saat makan buka puasa, kebanyak orang makan hingga mereka benar-benar kenyang. Namun sebenarnya itu salah. Makanlah dengan porsi seperti biasanya ketika sedang tidak puasa atau gunakan piring kecil agar tidak makan terlalu banyak. Hal ini akan membuat tubuh Anda mencerna makanan dengan baik dan tidak bekerja terlalu keras.

Penderita Diabetes, Inilah Menu Buka Puasa yang Aman untuk Anda!

Di bawah ini merupakan beberapa contoh menu berbuka puasa bagi penderita diabetes, Anda bisa mencoba menyediakannya sendiri dirumah. Menu tersebut diantaranya :


Makanan ringan:

  1. Yogurt dengan kurma
  2. Semangkuk susu sereal
  3. Semangkuk sedang buah potong (pir/apel/pepaya) atau 2 buah jeruk ukuran sedang
  4. Smoothies stroberi & pisang
  5. Salad buah dan sayur dengan saus mayonaise atau thousand island (hindari penggunaan saus berlebihan)
  6. Bubur kacang hijau atau kolak

Makanan utama:

  1. Sediakan setengah mangkuk nasi merah, tambahkan lauk 1 potong ayam bakar, 1 potong tahu atau tempe rebus sedang, tumis kangkung, dan 1 mangkuk kecil sup ayam dengan sayuran
  2. Setengah mangkuk nasi putih dengan lauk tumis brokoli, tahu dan jamur, 1 buah tahu goreng, 1 mangkuk kecil ayam jahe bawang putih
  3. Satu mangkuk sedang havermut dengan 1 mangkuk kecil sup ikan dori jamur enoki, kailan cah bawang putih, dan 1 potong tempe rebus.
  4. 1–2 lembar roti gandum utuh dengan semangkuk sedang sup kacang merah yang berisi potongan daging sapi dan wortel.
  5. Satu buah ubi ungu kukus ukuran sedang dengan ikan goreng balado dan tumis kangkung. (Pastikan ikannya masih segar ya sebelum digoreng).

Nah itulah beberapa menu buka puasa yang bisa Anda cuba langsung di rumah. Setelah mengetahui menu tersebut, puasa dapat ditunaikan secara penuh oleh penderita diabetes. Buka puasa sehat juga berpengaruh pada kesehatan Anda. Intinya, konsumsilah makanan dalam jumlah yang cukup dan komposisi yang sehat saat sahur dan buka puasa.

Mengkonsumsi makanan yang berlebihan atau salah pilih makanan dapat meningkatkan berat badan Anda. Kondisi tersebut dapat mengganggu kontrol gula darah sehingga dapat memperburuk diabetes Anda. Jadi, pastikan pilihan menu buka puasa Anda tetap sehat dan aman ya.

Planet Herbal | Penderita Diabetes, Inilah Menu Buka Puasa yang Aman untuk Anda!

About Kang Aceng

"Semua manusia yang perlu kesehatan dan penyembuhan telah disediakan oleh Allah di alam, Ilmu pengetahuan adalah untuk menemukannya.".

0 komentar:

Posting Komentar

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!

Copyright © 2015 Planet Herbal

Designed by Templatezy | Distributed By Gooyaabi Templates