Obat Herbal Penyakit Gudik

Obat Herbal Penyakit Gudik

Gudik atau scabies adalah kondisi kulit gatal yang disebabkan oleh tungau kecil yang disebut Sarcoptes scabiei. Kehadiran tungau menyebabkan gatal-gatal di daerah liangnya. Dorongan untuk menggaruk mungkin sangat kuat di malam hari.

Gudik menular dan dapat menyebar dengan cepat melalui kontak fisik yang dekat dalam keluarga, kelompok perawatan anak, kelas sekolah, panti jompo atau penjara. Karena sifat gudik yang menular, dokter sering merekomendasikan perawatan untuk seluruh keluarga atau kelompok kontak.

Gudik harus segera diobati. Obat yang diterapkan pada kulit akan membunuh tungau yang menyebabkan gudik dan telur mereka, meskipun Anda mungkin masih mengalami beberapa rasa gatal selama beberapa minggu.

Gejala

Tanda dan gejala gudik meliputi:
  • Gatal, parah dan biasanya lebih buruk di malam hari
  • Lengan lobang tipis yang tidak beraturan terdiri dari lecet kecil atau benjolan pada kulit
  • Liang atau lintasan biasanya tampak di lipatan kulit. 
Meskipun hampir semua bagian tubuh dapat terinfeksi, pada orang dewasa dan anak-anak gudik paling sering ditemukan:
  • Antara jari
  • Di ketiak
  • Di sekitar pinggang
  • Di sepanjang bagian dalam pergelangan tangan
  • Di siku
  • Di telapak kaki
  • Sekitar payudara
  • Di sekitar area genital pria
  • Di bokong
  • Di lutut
  • Di bilah bahu

Pada bayi dan anak kecil, tempat infeksi yang umum termasuk:
  • Kulit kepala
  • Wajah
  • Leher
  • Telapak tangan
  • Telapak kaki

Jika Anda pernah menderita gudik sebelumnya, tanda dan gejala dapat berkembang dalam beberapa hari setelah terinfeksi. Namun, jika Anda belum pernah menderita gudik, bisa memakan waktu selama enam minggu untuk mengetahui tanda dan gejalanya. Penting untuk diingat bahwa Anda masih bisa menyebarkan Gudik meskipun Anda belum memiliki tanda atau gejala.

Penyebab

Kutu berkaki delapan yang menyebabkan gudik pada manusia bersifat mikroskopik. Cacing betina berada tepat di bawah kulit dan menghasilkan terowongan di mana ia menyimpan telur. Telur akan menetas, dan larva tungau bekerja dengan cara menggerogoti lapisan kulit hingga ke permukaan kulit Anda, mereka dapat menyebar ke area lain di kulit Anda atau ke kulit orang lain. Rasa gatal yang dihasilkan gudik akibat reaksi alergi tubuh Anda terhadap tungau, telur dan limbahnya.

Hentikan kontak fisik dan berhenti juga berbagi pakaian atau tempat tidur dengan orang yang terinfeksi dapat menyebarkan tungau.

Anjing, kucing dan manusia semua terpengaruh oleh spesies kutu yang berbeda. Setiap spesies tungau lebih memilih satu jenis inang spesifik dan tidak tinggal jauh dari tempat pilihannya. Jadi manusia mungkin memiliki reaksi kulit sementara dari kontak dengan tungau gudik hewan. Tapi orang tidak mungkin mengembangkan gudik sepenuhnya dari sumber ini, karena mungkin dapat juga dari kontak dengan tungau gudik manusia.

Komplikasi

Menggaruk dengan keras bisa merusak kulit Anda dan membiarkan infeksi bakteri sekunder, seperti impetigo, terjadi. Impetigo adalah infeksi kulit yang paling sering disebabkan bakteri staph (staphylococci) atau kadang-kadang oleh bakteri strep (streptococci).

Bentuk Gudik yang lebih parah, disebut gudik berkerak, dapat mempengaruhi kelompok berisiko tinggi tertentu, termasuk:
  • Orang dengan kondisi kesehatan kronis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti HIV atau leukemia kronis
  • Orang yang sakit keras, seperti orang di rumah sakit atau fasilitas keperawatan
  • Orang tua di panti jompo

Gudik berkerak, juga disebut Gudik Norwegia, cenderung berkerak dan bersisik, dan mencakup area tubuh yang luas. Ini sangat menular dan bisa sulit diobati.

Perawatan dan pengobatan

Perawatan skabies melibatkan penghindaran infestasi dengan obat. Beberapa krim dan lotion tersedia dengan resep dokter. Anda biasanya mengoleskan obat ke seluruh tubuh Anda, dari leher Anda ke bawah, dan tinggalkan obat selama setidaknya delapan jam. Perawatan kedua diperlukan jika liang dan ruam baru muncul.

Karena Gudik dapat menyebar dengan mudah, dokter mungkin akan merekomendasikan perawatan untuk semua anggota rumah tangga dan kontak dekat lainnya, walaupun tidak menunjukkan tanda-tanda gudik.

Obat yang biasa diresepkan untuk Gudik meliputi:
  1. Krim permetrin, 5 persen (Elimite). Permethrin adalah krim topikal yang mengandung bahan kimia yang dapat membunuh tungau gudik dan telurnya. Hal ini umumnya dianggap aman untuk orang dewasa, wanita hamil, dan anak-anak usia 2 bulan dan lebih tua. Obat ini tidak dianjurkan untuk ibu menyusui.
  2. Lindane lotion. Obat ini juga perawatan kimia - direkomendasikan hanya untuk orang-orang yang tidak dapat mentolerir pengobatan lain yang dianjurkan, atau untuk perawatan lain yang tidak bekerja. Obat ini tidak aman untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, wanita yang sedang hamil atau menyusui, lanjut usia, atau siapapun yang beratnya kurang dari 110 kilogram (50 kilogram).
  3. Crotamiton (Eurax). Obat ini tersedia sebagai krim atau lotion. Ini hanya diterapkan sekali sehari selama dua hari. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak atau untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui. Kegagalan pengobatan sering terjadi dilaporkan dengan crotamiton.
  4. Ivermektin (Stromectol). Dokter mungkin meresepkan obat oral ini untuk orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, untuk orang-orang yang telah menguliti gudik, atau untuk orang-orang yang tidak menanggapi resep lotion dan krim. Ivermektin tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui, atau untuk anak yang beratnya kurang dari 33 pon (15 kg).
Meskipun obat ini dapat membunuh tungau, namun gatal biasanya tidak akan berhenti selama beberapa minggu setelah penggunaan.

Dokter mungkin meresepkan obat topikal lainnya, seperti sulfur yang ditambah dengan petrolatum, untuk orang-orang yang tidak merespons atau tidak dapat menggunakan obat ini.

Pengobatan Rumah

Rasa gatal dapat berlangsung lama setelah Anda menerapkan obat untuk membunuh tungau. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mengatasi rasa gatal:
  • Dinginkan dan rendam kulit Anda. Perendaman dalam air dingin atau oleskan lap basah ke daerah kulit yang teriritasi dapat meminimalkan gatal.
  • Oleskan lotion yang menenangkan. Calamine lotion, tersedia tanpa resep, secara efektif bisa menghilangkan rasa sakit dan gatal pada iritasi kulit ringan.
  • Ambil antihistamin. Atas saran dokter Anda, Anda mungkin menemukan antihistamin over-the-counter untuk menghilangkan gejala alergi yang disebabkan oleh Gudik.

Demikian informasi mengenai Obat Herbal Penyakit Gudik yang bisa kami sampaikan semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih :)

Planet Herbal | Obat Herbal Penyakit Gudik

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!
EmoticonEmoticon