Nama Obat Penghilang Bekas Jerawat Di Apotik Yang Aman Dan Cepat

Nama Obat Penghilang Bekas Jerawat Di Apotik Yang Aman Dan Cepat

Jerawat adalah penyakit kulit kronis yang meradang yang menyebabkan whiteheads, komedo, jerawat, kista, dan benjolan. Jerawat tidak berbahaya, tapi bisa meninggalkan bekas luka di kulit.

Nama Obat Penghilang Bekas Jerawat Di Apotik Yang Aman Dan Cepat
Kulit manusia memiliki pori-pori yang terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Follicles menghubungkan kelenjar ke pori-pori. Follicles adalah kantung kecil yang menghasilkan dan mengeluarkan cairan. Kelenjar yang menghasilkan cairan berminyak disebut sebum. Sebum membawa sel kulit mati melalui folikel ke permukaan kulit. Dan rambut kecil tumbuh melalui folikel dari kulit.

Jerawat tumbuh saat folikel ini tersumbat, dan minyak terjebak di bawah kulit. Jerawat cenderung tumbuh di wajah, punggung, dada, bahu, dan leher.

Sel kulit, sebum, dan rambut bisa menggumpal menjadi satu steker. Steker ini terinfeksi bakteri, dan hasil pembengkakan. Jerawat mulai berkembang saat steker mulai terurai.

Propionibacterium acnes (P. acnes) adalah nama bakteri yang hidup di kulit dan berkontribusi terhadap infeksi jerawat.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keparahan dan frekuensi jerawat bergantung pada strain bakteri. Tidak semua bakteri jerawat memicu jerawat. Satu strain membantu menjaga kulit bebas dari jerawat.

Penyebab Jerawat

Berbagai faktor memicu jerawat, namun penyebab utamanya diperkirakan merupakan kenaikan kadar androgen. Androgen adalah sejenis hormon yang naik saat masa remaja dimulai. Pada wanita, hormon tersebut akan diubah menjadi estrogen .

Kenaikan kadar androgen menyebabkan kelenjar minyak di bawah kulit tumbuh. Kelenjar yang membesar menghasilkan lebih banyak sebum. Sebum berlebihan bisa memecah dinding seluler di pori-pori, menyebabkan bakteri tumbuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik dapat meningkatkan risiko.

Penyebab lainnya meliputi :
  • obat yang mengandung androgen dan lithium
  • kosmetik berminyak
  • perubahan hormonal
  • stres emosional
  • haid

Jenis Jerawat

Jerawat memmiliki jenis yang berbeda-beda dalam ukuran, warna, dan tingkat rasa sakit. Berikut ini merupakan beberapa jenis dari jerawat:
  • Whiteheads: Ini mermupakan jenis jerawat yang berada di bawah kulit dan berukuran kecil
  • Komedo: Jelas terlihat, warnanya hitam dan muncul di permukaan kulit
  • Papula: Benjolan kecil biasanya terlihat di permukaan kulit
  • Pustula: Terlihat jelas pada permukaan kulit. Berwarna merah dan memiliki nanah di bagian atas
  • Nobules: Terlihat jelas di permukaan kulit. Ini termasuk dalam jerawat berukutan besar, padat, menyakitkan yang tertanam jauh di dalam kulit
  • Kista: Terlihat jelas pada permukaan kulit. Mereka sakit dan penuh dengan nanah. Kista bisa menyebabkan bekas luka.

Nama Obat Penghilang Bekas Jerawat Di Apotik Yang Aman Dan Cepat

Pengobatan tergantung seberapa parah jerawat tersebut. Jerawat ringan dapat diobati dengan obat bebas (OTC), seperti gel, sabun, bantalan, krim, dan lotion, yang dioleskan ke kulit.

Krim dan lotion paling bagus untuk kulit sensitif. Gel berbasis alkohol dapat mengeringkan kulit dan lebih baik untuk kulit berminyak.

Obat jerawat OTC mungkin mengandung bahan aktif berikut ini:
  • Resorcinol : membantu mengeluarkan komedo dan whiteheads
  • Benzoil peroksida : membunuh bakteri, mempercepat penggantian kulit, dan memperlambat produksi sebum
  • Asam salisilat : membantu mengeluarkan komedo dan whiteheads, membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan
  • Retin-A : membantu membuka pori-pori tersumbat melalui perputaran sel
  • Asam Azelaic : memperkuat sel yang melapisi folikel, menghentikan pecahnya sebum, dan mengurangi pertumbuhan bakteri. Ada krim untuk jerawat, tapi bentuk lainnya digunakan untuk rosacea.
Dianjurkan untuk memulai dengan perlahan dan sedikit demi sedikit, karena beberapa preparat dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, atau pembakaran pada penggunaan pertama. Efek samping ini biasanya mereda setelah terus digunakan. Jika tidak, temui dokter.

Mengobati jerawat sedang sampai parah

Spesialis kulit, atau dermatologis, dapat mengobati kasus yang lebih parah. Mereka mungkin meresepkan gel atau krim yang mirip dengan obat OTC namun lebih kuat, atau antibiotik oral atau bahkan topikal .

Injeksi kortikosteroid

Jika kista jerawat menjadi sangat meradang, jerawat bisa pecah. Hal ini bisa menyebabkan jaringan parut. Seorang spesialis dapat mengobati kista yang meradang dengan cara menyuntikkan kortikosteroid yang diencerkan. Hal ini dapat membantu mencegah jaringan parut, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan. Kista akan rusak dalam beberapa hari.

Antibiotik oral

Antibiotik oral dapat diresepkan hingga 6 bulan untuk pasien dengan jerawat sedang sampai berat. Ini bertujuan untuk menurunkan populasi P. Acnes. P. acnes bisa menjadi resisten terhadap antibiotik pada waktunya, dan antibiotik lain dibutuhkan. Jerawat lebih cenderung menjadi resisten terhadap antibiotik topikal dan bukan oral.

Antibiotik bisa melawan pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan. Eritromisin dan tetrasiklin biasanya diresepkan untuk jerawat.

Kontrasepsi oral

Kontrasepsi oral dapat membantu mengendalikan jerawat pada wanita dengan menekan kelenjar yang terlalu aktif. Mereka umumnya digunakan sebagai perawatan jerawat jangka panjang.

Ini mungkin tidak cocok untuk wanita yang:
  • memiliki gangguan pembekuan darah
  • merokok
  • memiliki riwayat migrain
  • berusia di atas 35 tahun

Penting untuk diperiksa dengan ginekolog terlebih dahulu.

Antimikroba topikal

Antimikroba topikal juga bertujuan untuk mengurangi P. acnes pada pasien dengan jerawat sedang sampai berat. Contohnya adalah klindamisin dan natrium sulfasetamida.

Ahli kulit mungkin meresepkan retinoid topikal. Retinoid topikal adalah turunan vitamin A. Mereka dapat membuka pori-pori dan mencegah komedo dan komedo agar tidak berkembang. Contoh retinoid topikal yang diresepkan di AS adalah adapalen, tazaroten, dan tretinoin.

Isotretinoin

Ini adalah retinoid oral yang kuat, yang digunakan untuk pengobatan jerawat kistik parah dan jerawat parah yang belum menanggapi pengobatan dan perawatan lainnya.

Isotretinoin adalah obat yang dikontrol ketat dengan efek samping yang berpotensi serius. Pasien harus menandatangani formulir persetujuan untuk mengatakan bahwa mereka memahami risikonya.

Efek sampingnya adalah kulit kering, bibir kering, mimisan, kelainan janin jika digunakan saat hamil, dan perubahan mood.

Pasien yang mengonsumsi isotretinoin harus menghindari suplemen vitamin A, karena hal ini dapat menyebabkan toksisitas vitamin A.

15 Merawat Kulit Yang Berjerawat

Berikut adalah beberapa tips merawat kulit yang berjerawat atau rawan terhadapnya.
  1. Cuci muka Anda tidak lebih dari dua kali setiap hari dengan air hangat dan sabun ringan yang dibuat khusus untuk jerawat.
  2. Jangan menggosok kulit atau mengeluarkan jerawat, karena hal ini dapat mendorong infeksi ke bawah, menyebabkan lebih banyak pemblokiran, pembengkakan, dan kemerahan.
  3. Hindari jerawat yang muncul, karena ini membuat jaringan parut menjadi lebih parah.
  4. Spesialis jerawat dapat mengobati jerawat yang membutuhkan penghapusan cepat untuk alasan kosmetik.
  5. Menahan diri dari menyentuh wajah.
  6. Jaga jarak telepon dari wajah saat berbicara, karena kemungkinan mengandung sebum dan residu kulit.
  7. Cuci tangan lebih sering, terutama sebelum mengoleskan lotion, krim, atau make up.
  8. Bersihkan kacamata secara teratur
  9. Jika jerawat ada di punggung, bahu, atau dada, coba kenakan pakaian longgar agar kulit Anda bernafas. Hindari pakaian ketat, seperti ikat kepala, tutup, dan syal, atau cuci secara teratur jika digunakan.
  10. Pilih makeup untuk kulit sensitif dan hindari produk berbasis minyak. Hapus makeup sebelum tidur.
  11. Jaga kebersihan rambut, karena mengumpulkan sebum dan residu kulit. Hindari produk rambut berminyak, seperti yang mengandung mentega kakao.
  12. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan, karena bisa menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak sebum. Beberapa obat jerawat meningkatkan risiko sengatan matahari .
  13. Gunakan alat cukur tajam saat mencukur. Lembutkan kulit dan jenggot dengan air bersabun hangat sebelum mengoleskan krim cukur.
  14. Hindari kecemasan dan stres, karena bisa meningkatkan produksi kortisol dan adrenalin, yang memperburuk jerawat.
  15. Usahakan agar tetap dingin dan kering di iklim yang panas dan lembab, untuk mencegah keringat.

Jerawat adalah masalah yang umum. Hal ini dapat menyebabkan rasa malu yang parah, namun pengobatan tersedia, dan ini efektif dalam banyak kasus.
Baca juga :
Planet Herbal | Nama Obat Penghilang Bekas Jerawat Di Apotik Yang Aman Dan Cepat

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!
EmoticonEmoticon