Pengobatan Alternatif Miom

Pengobatan Alternatif Miom

Miom atau fibroid, juga disebut leiomioma uterus, adalah tumor muscular non-kanker yang umum terjadi di rahim. Sekitar 80 persen wanita mengalami masalah ini pada usia 50 tahun.

Penyebab pasti fibroid rahim masih belum diketahui. Faktor-faktor seperti genetika, kelainan pada pembuluh darah atau sistem vaskular, hormon dan faktor pertumbuhan lainnya berperan penting dalam perkembangan miom.

Pengobatan Alternatif Miom

Wanita yang belum pernah melahirkan anak atau yang memiliki siklus haid pertama mereka sebelum usia 10 tahun juga dianggap lebih berisiko terhadap miom atau fibroid ini.

Kebanyakan wanita dengan fibroid tidak memiliki gejala. Namun, beberapa wanita mengalami gejala seperti perdarahan menstruasi yang berat, periode menstruasi yang berkepanjangan, tekanan pelvis dan nyeri, masalah kandung kemih, tekanan rektal dan nyeri punggung bagian bawah .

Fibroid uterus biasanya tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa dan menyebabkan komplikasi seperti anemia akibat kehilangan darah yang berat. Dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat menyebabkan komplikasi yang mempengaruhi kehamilan.

Dalam kasus dimana tidak ada gejala, pengobatan mungkin tidak diperlukan. Namun, diagnosis dan pengobatan yang tepat diperlukan jika gejala Anda parah atau menyebabkan komplikasi. Seiring dengan pengobatan konvensional, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan alternatif dari bahan alami di rumah.

Pengobatan Alternatif Miom

Berikut adalah 10 Pengobatan Alternatif Miom yang bisa Anda coba sendiri.

1. Castor Oil Pack

Menerapkan minyak jarak di perut dapat membantu merangsang sistem limfatik dan peredaran darah, dan meningkatkan limfosit (sel untuk melawan penyakit) untuk menghilangkan racun penyebab penyakit dari tubuh. Banyak praktisi holistik percaya bahwa penumpukan racun ini berperan penting dalam perkembangan fibroid.

Minyak jarak juga mengandung asam risinoleat dengan sifat anti-inflamasi. Obat miom ini dapat membantu mengecilkan fibroid dan juga membantu menghilangkan rasa sakit.
  • Rendam sepotong flanel wol dalam minyak jarak.
  • Letakkan di perut Anda dan tutupi dengan bungkus plastik.
  • Tempatkan alas pemanas atau botol air panas di atasnya dan tutupi dengan handuk.
  • Biarkan selama sekitar satu jam, lalu keluarkan.
  • Ulangi tiga atau empat kali seminggu setidaknya selama satu bulan, atau sampai Anda merasakan perubahan positif.

Catatan: Jangan gunakan obat ini selama menstruasi atau jika Anda sedang dalam program hamil.

2. Chasteberry

Chasteberry, juga dikenal sebagai Vitex agnus-castus, berasal dari Eropa selatan dan daerah Mediterania. Ini adalah solusi herbal yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormon, menurunkan kadar estrogen dan mengurangi peradangan. Cukup minum 25 sampai 30 tetes tingtur chasteberry dua sampai empat kali sehari.

Catatan: Chasteberry akan membantu mengatur menstruasi dan perdarahan antar menstruasi, namun mungkin juga mengurangi keefektifan pil KB.

3. Milk Thistle

Obat herbal ini dapat membantu metabolisme dan menyingkirkan kelebihan estrogen. Estrogen adalah hormon reproduksi yang merangsang sel untuk melepaskan faktor pertumbuhan, yang pada gilirannya berkontribusi terhadap pertumbuhan fibroid. Cukup minum 10 sampai 25 tetes ramuan ramuan ini hingga tiga kali sehari selama tiga sampai empat bulan.

4. Dandelion

Banyak ahli herbal percaya bahwa fungsi hati yang buruk menyebabkan penghapusan hormon berlebih yang menyebabkan adanya kontribusi pada fibroid. Dandelion membantu detoksifikasi hati dan membersihkan estrogen berlebih dari tubuh Anda.
  • Rebus tiga sendok makan akar dandelion dalam tiga setengah gelas air.
  • Biarkan mendidih selama 15 menit.
  • Matikan api, dan biarkan selama 15 menit.
  • Minumlah teh ini tiga kali sehari setidaknya tiga bulan.

5. Teh Hijau

Studi menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut Epigallocatechin gallate (EGCG) yang menghambat pertumbuhan sel fibroid, yang pada akhirnya dapat meningkatkan tingkat kematian sel miom.

EGCG menawarkan efek anti-inflamasi, antiproliferatif dan antioksidan. Periset telah menemukan bahwa selain mengurangi ukuran fibroid, teh hijau dapat mengurangi keparahan gejala fibroid.

Minum dua atau tiga cangkir teh hijau atau minum dua kapsul teh hijau 400 mg setiap hari selama beberapa bulan.

6. Susu murni

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 2009, para periset di Boston University School of Medicine menemukan bahwa wanita kulit hitam yang mengonsumsi empat atau lebih porsi susu per hari memiliki 30 persen penurunan kejadian fibroid uterus dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang dari Satu porsi sehari.

Meskipun mekanisme pastinya tidak diketahui, peneliti percaya bahwa kalsium dalam susu dapat membantu mengurangi proliferasi sel. Jadi, sertakan lebih banyak susu dan produk susu dalam makanan sehari-hari Anda.

Anda juga bisa menggabungkan susu dengan gula merah, yang kaya akan zat besi dan nutrisi lainnya, ramuan ini dapat membantu mengatasi anemia yang mungkin diakibatkan oleh pendarahan berat akibat fibroid. Meski tak terbukti secara ilmiah, blackstrap molasses juga dipercaya bisa membantu mengecilkan fibroid.
  • Campurkan satu atau dua sendok makan tetes gula merah di tiga perempat cangkir susu hangat.
  • Minumlah sekali atau dua kali sehari secara teratur, atau setidaknya selama beberapa bulan.

7. Akar burdock

Akar Burdock dapat meningkatkan kemampuan hati untuk memetabolisme estrogen, sehingga mengurangi fibroid. Plus, tinggi lignan arctigenin, dapat membantu mengurangi ukuran fibroid dan menghambat pertumbuhan tumor baru.
  • Tambahkan satu sendok teh akar burdock kering ke secangkir air panas. Biarkan terjepit selama 10 sampai 15 menit, dan kemudian saringlah. Minum teh ini tiga kali sehari.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mengkonsumsi 10 sampai 25 tetes tinktur akar burdock tiga kali per hari.
  • Lanjutkan salah satu dari pengobatan ini setiap hari selama tiga sampai empat bulan.

8. Cuka Apel

Cuka sari apel dapat membantu mengurangi gejala fibroid karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan lemak. Meski tidak terbukti secara ilmiah, diyakini bisa membantu mengecilkan tumor fibroid juga.
  • Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel organik ke segelas air.
  • Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan tetes gula merah atau pemanis alami untuk menambah rasa.
  • Minumlah setiap hari secara teratur. Perlahan-lahan tambahkan saripati cuka sari apel dari satu sendok teh ke satu atau dua sendok makan per gelas.

9. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi alami yang menghambat pertumbuhan tumor dan fibroid uterus. Jadi, makanlah tiga sampai lima siung bawang putih setiap hari. Jika rasa dan bau bawang putih terlalu kuat untuk Anda, maka minumlah dengan segelas susu. Susu juga akan membantu mengurangi kejadian fibroid.

10. Gooseberry India (Amla)

Menjadi antioksidan dan imunomodulator, gooseberry India adalah obat Ayurvedic yang sangat baik untuk mengurangi fibroid dan gejalanya.
  • Campurkan satu sendok teh bubuk gooseberry India dan madu.
  • Konsumsilah setiap hari, pertama di pagi hari.
  • Lanjutkan setidaknya beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang positif.
  • Selain pengobatan ini, pastikan berolahraga secara rutin dan minum banyak air sepanjang hari untuk mengeluarkan racun. Berolahraga juga membantu mengatur ovulasi.

Plus, buatlah biji-bijian seperti gandum, beras merah, soba dan lain-lain sebagai bagian utama dari makanan harian Anda. Juga makan kacang-kacangan, biji-bijian dan banyak sayuran hijau.

Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mengurangi estrogen, yang pada gilirannya membantu mengecilkan fibroid. Dipercaya bahwa sayuran hijau juga cenderung melindungi wanita dari pengembangan fibroid.

Selain mengikuti pengobatan ini, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis dan perawatan yang tepat, terutama jika Anda mengalami periode yang terlalu berat atau menyakitkan, pendarahan antara periode, nyeri panggul yang persisten, nyeri saat bersenggama, atau pembesaran rahim dan perut.

Sumber: 

  • www.sciencedaily.com/releases/2009/12/091204092459.htm 
  • www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23950663
  • http://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-fibroids.html/
Baca juga:

Planet herbal | Pengobatan Alternatif Miom 

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!
EmoticonEmoticon