Senin, 29 April 2019

Obat Herbal Gangguan Kulit Hidradenitis di Apotik

Obat Herbal Gangguan Kulit Hidradenitis di Apotik

Hidradenitis suppurativa (hi-drad-uh-NIE-tis sup-yoo-ruh-TIE-vuh) yaitu kondisi kulit jangka panjang yang memiliki benjolan kecil yang menyakitkan di bawah kulit. Mereka biasanya berkembang di mana kulit bergesekan, seperti ketiak, selangkangan, di antara bokong dan di bawah payudara. Benjolan bisa pecah dan berbau atau menyebabkan lubang di bawah kulit.

Obat Herbal Gangguan Kulit Hidradenitis di Apotik

Hidradenitis suppurativa umumnya terjadi setelah pubertas. Kondisi ini dapat bertahan selama bertahun-tahun dan memburuk seiring waktu, dengan efek serius pada kehidupan sehari-hari dan emosional. Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu mengelola gejala, mencegah pembentukan benjolan baru dan mencegah komplikasi, seperti jaringan parut atau depresi.

Tanda dan Gejala Hidradenitis

Hidradenitis suppurativa umumnya terjadi di sekitar folikel rambut dengan banyak kelenjar minyak dan keringat, seperti di ketiak, pangkal paha dan daerah anus. Ini juga dapat terjadi ketika kulit bergesekan bersama, seperti paha bagian dalam, di bawah payudara dan di antara bokong. Hidradenitis suppurativa dapat mempengaruhi satu tempat atau beberapa area tubuh.

Tanda dan gejala hidradenitis suppurativa meliputi :

  • Komedo

Munculnya benjolan-benjolan kecil seperti komedo di area sekitar yang terjadi hidradenitis.

  • Benjolan lembut dan berwarna merah

Benjolan ini dapat membesar, pecah dan mengeluarkan nanah. Bahkan terkadang berbau. Gatal dan panas bisa menyertai benjolan ini. Benjolan ini biasanya muncul di daerah di mana kulit bergesekan dengan kulit.

  • Benjolan seukuran kacang

Benjolan keras ini, yang berkembang di bawah kulit, dapat bertahan selama bertahun-tahun, membesar dan menjadi meradang

  • Berlubang

Seiring waktu, saluran yang menghubungkan benjolan dapat terbentuk di bawah kulit. Luka ini cukup lambat untuk bisa sembuh dan sering mengeluarkan nanah.

Orang lain hanya mengalami gejala ringan. Kelebihan berat badan, stres, perubahan hormon, panas atau kelembaban dapat memperburuk gejala. Pada wanita, tingkat keparahan penyakit dapat berkurang setelah menopause.

Penyebab Hidradenitis

Hidradenitis suppurativa berkembang ketika folikel rambut tersumbat dan meradang. Tidak ada yang tahu persis mengapa penyumbatan ini terjadi. Faktor-faktor yang mungkin memainkan peran termasuk hormon, sindrom metabolik, genetika, respons sistem kekebalan tubuh yang tidak teratur, merokok, dan kelebihan berat badan.

Hidradenitis suppurativa tidak disebabkan oleh infeksi dan tidak dapat ditularkan secara seksual. Kondisi ini tidak menular dan bukan karena kebersihan yang buruk.

Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda termasuk:

  • Usia. Hidradenitis suppurativa paling sering terjadi pada wanita antara usia 20 dan 29 tahun. Usia yeng lebih awal dapat dikaitkan dengan pengembangan penyakit yang lebih luas.
  • Jenis kelamin. Wanita lebih mungkin mengembangkan hidradenitis supurativa daripada pria.
  • Riwayat keluarga. Kecenderungan untuk mengembangkan hidradenitis suppurativa dapat diturunkan.
  • Memiliki kondisi tertentu. Hidradenitis suppurativa dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi lain, termasuk radang sendi, jerawat parah, obesitas, penyakit radang usus, penyakit Crohn, sindrom metabolik dan diabetes.
  • Merokok. Merokok tembakau telah dikaitkan dengan hidradenitis suppurativa.

Komplikasi

Hidradenitis supurativa yang persisten dan parah sering menyebabkan komplikasi, termasuk:

  • Infeksi. Daerah yang terkena rentan terhadap infeksi.
  • Bekas luka dan perubahan kulit. Luka dapat sembuh tetapi meninggalkan bekas seperti tali, kulit berlubang atau bercak kulit yang lebih gelap dari biasanya.
  • Gerakan terbatas. Luka dan jaringan parut dapat menyebabkan gerakan terbatas atau menyakitkan, terutama ketika penyakit tersebut mempengaruhi ketiak atau paha.
  • Drainase limfa terhambat. Situs yang paling umum untuk hidradenitis suppurativa juga mengandung banyak kelenjar getah bening. Jaringan parut dapat mengganggu sistem drainase getah bening, yang dapat menyebabkan pembengkakan pada lengan, kaki atau alat kelamin.
  • Isolasi sosial. Lokasi, drainase dan bau dari luka dapat menyebabkan rasa malu dan keengganan untuk keluar di depan umum, yang menyebabkan kesedihan atau depresi.
  • Kanker. Ini jarang terjadi, pasien dengan hidradenitis suppurativa lanjut dapat mengembangkan karsinoma sel skuamosa pada kulit yang terkena.



www.planetherbalku.com | Obat Herbal Gangguan Kulit Hidradenitis di Apotik

Biasakan Untuk Meninggalkan Jejak dengan mengisi komentar dibawah ini!
EmoticonEmoticon